Mengenal Jenis dan Manfaat Kabel

Mengenal Jenis dan Manfaat Kabel

Oleh: Tim TARJIM

            Sobat TARJIM yang shalih dan shalihah, pernahkah kalian melihat benda yang kelihatanya remeh tapi ternyata sangat bermanfaat? Di antara benda remeh yang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita adalah kabel. Coba kalian lihat bentuk kabel. Hanya seperti itu kan?

Nah, kali ini kita akan menelusuri tentang manfaat dan macam-macam dari kabel yang kita lihat sehari-hari di berbagai tempat. Kalian sudah siap? Yuk, langsung ke TKP!

Sejarah kabel

Kabel mulai ditemukan saat manusia membutuhkan sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain. Kabel ditemukan pada awal tahun 1400.

Proses penemuan kabel ini tidak sama antara satu jenis kabel dengan kabel lainnya. Penemuan kabel tembaga membutuhkan proses yang paling lama dibanding kabel yang lain (karena dia yang paling awal), hingga akhirnya berhasil ditemukan sebuah telepon. Setelah kabel tembaga ditemukan, barulah muncul kabel koaksial. Dan baru-baru ini, kabel koaksial telah disempurnakan kembali dengan penemuan kabel serat optik yang sangat tipis dan mampu mengirimkan sinyal cahaya.

Jenis-jenis kabel dan manfaatnya

            Secara umum kabel dibagi menjadi 3 jenis; kabel tembaga, kabel koaksial dan kabel serat optik. Untuk mengetahui manfaat dari masing-masing jenis, mari kita perinci satu demi satu:

  1. Kabel tembaga: kabel ini merupakan kabel paling tua yang dikenal oleh manusia dan memiliki struktur yang sederhana. Walaupun sekarang kabel tembaga juga ada yang rumit susunannya, karena bagian-bagian kecil yang disatukan dalam sebuah bungkus (seperti kabel Ethernet). Kabel ini juga yang sering kita temukan dalam instalasi listrik di rumah-rumah kita dan jaringan telepon rumah atau internet (Ethernet).
  2. Kabel koaksial: jenis kabel ini adalah generasi penemuan kedua dalam dunia kabel. Bentuk kabel koaksial adalah khas, dengan satu buah kawat tembaga yang kuat berada di tengah-tengah dan memiliki dua isolator. Kabel ini banyak dimanfaatkan pada perangkat TV dan radio.
  3. Kabel serat optik: nah, inilah kabel generasi terakhir yang ditemukan oleh manusia hingga saat ini. Yaitu kabel yang sangat tipis dan berwarna-warni. Ia bukan lagi terbuat dari kawat tembaga, namun dari bahan serat kaca bening yang tidak dialiri listrik. Hebat kan? Kehebatan kabel ini selain dapat menghantarkan data dalam bentuk sinyal cahaya, bentuknya juga sangat tipis, bahkan setipis rambut manusia. Saking hebatnya kabel ini bahkan ada yang menyebutnya sebagai tulang punggung jaringan internet di dunia! Nah, seperti di singgung di atas, kabel ini ternyata digunakan untuk sambungan data bawah laut dan penghubung antar samudra.

Itulah di antara macam-macam kabel dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan itu kita lebih bisa bersyukur terhadap nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita. Karena coba kita bayangkan bila tidak ditemukan kabel di dunia hingga saat ini, apa yang akan terjadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *