Kemungkinan Caesar Pada Kasus Kelahiran Bayi Kembar

Soal:

Bismillah. Ummu, apakah kecil kemungkinan melahirkan secara normal pada kehamilan bayi kembar? Karena saya agak takut dengan persalinan secara Caesar. Seandainya caesar, bagaimana agar bisa cepat sembuh dari sakit bekas operasi itu? Pertimbangannya, karena saya ingin lebih fokus merawat anak. (Ummu Hida)

 Jawab:

Walhamdulillah. Ummu Hida yang baik, kehamilan kembar atau gemelli seringkali menimbulkan kecemasan yang berlebihan pada ibu hamil dan keluarga. Bayangan demi bayangan muncul di benak para calon orang tua. Takut akan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Di situlah terkadang kita lupa, kita punya Allah Yang Mahamemberi segalanya. Insya Allah kehamilan kembar ini membawa berkah dan sudah ada ketentuannya. Kehamilan kembar Allah memberikannya tidak pada setiap pasangan suami istri. Allah menjamin setiap proses kelahiran ada pahalanya masing-masing, dan melahirkan bayi kembar insya Allah pahalanya lebih banyak.

Jika kita kembalikan semua kepada Allah, tentu tidak perlu takut menjalaninya. Kehamilan kembar bisa lahir secara normal dan sehat serta bisa ditangani oleh bidan, jika selama dalam kandungan posisi serta letak janin adalah normal, tidak ada penyulit dan kondisi ibu sehat, tidak mengidap penyakit berbahaya.

Banyak bayi kembar lahir dengan proses persalinan normal. Bahkan tidak sedikit yang lahir di rumah karena saking takutnya dengan rumah sakit atau rumah bersalin. Tetapi untuk pilihan terakhir jangan dicontoh, karena bagaimanapun juga ada tiga nyawa yang menjadi tanggung jawab kita untuk diselamatkan.

Jika kondisi mendesak dan terjadi kondisi gawat darurat, sehingga caesar menjadi pilihan terbaik untuk persalinan, maka itu adalah sebagian takdir Allah untuk hamba-Nya. Jalani dengan tenang dan semua petunjuk medis ada baiknya diikuti. Selama menjaga ketenangan dan kooperatif, insya Allah semua akan baik-baik saja.

Adapun untuk masa pemulihan, luka setelah caesar tidak serumit dahulu. Karena sekarang hanya berjarak 2 hari setelah operasi, ibu bisa mobilisasi seperti para ibu yang melahirkan secara normal. Banyak konsumsi buah, susu dan telur atau daging bisa mempercepat penyembuhan luka bekas operasi. Gamat bisa dijadikan pilihan untuk diminum rutin sebagai suplemen tambahan guna mempercepat proses penyembuhan.

Yakinlah Ummu, semua akan berjalan baik-baik saja. Kita tidak boleh terlalu khawatir, jangan sampai rasa kekhawatiran kita yang berlebih itu secara tidak langsung menjadi doa dan harapan. Na’udzubillahi min dzalik

Tetap yakin dan semangat, agar dimudahkan segala urusan kita oleh Allah. Wallahu a’lam.

Oleh: Ummu Wildan A.Md. Keb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *