Apakah Asma’ul Husna Jumlahnya Hanya 99?

Apakah Asma’ul Husna Jumlahnya Hanya 99? 
Oleh: Tim TARJIM

Sobat TARJIM yang semoga dirahmatioleh Allah, mungkin kita sering mendengar nama-nama Allah atau Asma’ulHusna itu berjumlah 99.Namun, apakah nama-nama Allah terbatas hanya 99 itu saja?Ingin tahu jawabannya….? Yuk, ikuti pembahasan berikut ini!

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ لِلهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ اِسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu.Barangsiapa yang dapat menghitungnya niscaya ia masuk ke dalam surga.”

Sobat, dari hadits di atas Rasul menyifati 99 nama dengan kata “barangsiapa yang dapat menghitung atau menghafalkannya maka dia akan masuk surga”. Hal ini tidak menunjukkan bahwa Allah Ta’ala hanya memiliki 99 nama tersebut. Maksudnya, Allah masih memiliki nama-nama lain selain 99 nama tersebut. Hal ini mirip dengan ungkapan seseorang, “Aku memiliki uang satu juta yang akan aku berikan kepada fakir miskin pada bulan Ramadhan nanti.” Nah, perhatikan adik-adik…,apakah orang itu berarti hanya mempunyai uang satu juta saja? Ya, dia memiliki uang satu juta yang akan ia berikan pada fakir miskin. Akan tetapi hal ini tidak membatasi bahwa uangnya hanya berjumlah satu juta saja.Sebab, mungkin saja dia masih mempunyai uang lagi selain satu juta yang digunakan untuk menyantuni fakir miskin tersebut.

Ada  beberapa hadits lain yang menguatkan bahwa nama-nama Allah tidak terbatas hanya 99 nama. Yuk, kita baca hadits berikut..!

أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَداً مِنْ خَلْقِكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ في عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ

“Aku memohon kepada-Mu dengan seluruh nama-Mu, yang telah Engkau namakan untuk diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau Engkau ajarkan kepada seseorang di antara makhluk-Muatau masih dalam rahasia gaib di sisi-Mu yang hanya Engkau sendiri yang mengetahuinya.

Adik-adik yang shalih dan shalihah, dari hadits di atas kita bisa mengetahui, bahwa Allah membagi nama-Nya menjadi tiga bagian:

  1. Nama yang Dia berikan untuk diri-Nya dan diberikan kepada para Malaikat-Nya atau selainnya, namun tidak disebutkan dalam kitab-Nya.
  2. Nama yang Allah turunkan di dalam kitab-Nya dan Dia beritahukan kepada hamba-Nya.
  3. Nama yang menjadi rahasia gaib di sisi-Nya dan hanya Dia yang mengetahuinya. Tidak ada seorang pun di antara makhluk-Nya yang mengetahui nama-nama tersebut.

Kesimpulannya, nama-nama Allah itu jumlahnya banyak, tidak terbatas hanya 99 nama. Karena masih ada nama-nama lain yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala.Allahu a’lam.


Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Jelaskan kepada anak-anak bahwa nama-nama Allah itu tidak terbatas dengan bilangan 99. Dan inilah akidah yang benar, yang menjadi pegangan AhlussunnahwalJamaah.
  2. Tanamkan pada mereka bahwa dengan mempelajari nama-nama Allah kita bisa semakin mengenal dan semakin takut kepada Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *