Apasih yang Dimaksud Sujud Tilawah?

Sujud Tilawah

Assalamu’alaikum adik-adik, alhamdulillah dengan rahmat dan karunia Allah kita bisa bersua kembali dalam rangka mempelajari syariat agama kita, agama yang dibawa Rasulullah. Semoga jerih payah kita ini akan membuahkan ilmu yang bermanfaat yakni ilmu yang semakin menambah takut kita kepada Allah, ilmu yang berbuah amal kebajikan. Amin.

Apasih, yang dimaksud sujud tilawah?

Adik-adikku yang semoga dirahmati Allah, yang dimaksud sujud tilawahadalah sujud yang dilakukan ketika kita membaca atau mendengar salah satu ayat sajdah yang terdapat dalam al-Qur’an.Sujud tersebut bisa dilakukan ketika shalat maupun di luar shalat.Intinya adik-adik, apabila kita membaca atau mendengar ayat sajdah maka kita disyariatkan untuk sujud yang dinamakan sujud tilawah.

Apahukum sujud tilawah tersebut,Kak?

Para ulama sepakat akan disyariatkannya sujud tilawah apabila kita membaca atau mendengar ayat sajdah. Jumhur (kebanyakan) ulama menjelaskan kepada kita bahwa sujud tilawah itu hukumnya sunnah adik-adik. Jadi, apabila ada seseorang yang membaca ayat sajdah atau mendengarnya lalu dia sengaja tidak sujud maka tidaklah berdosa.

Bagaimana tata caranya,Kak?

Adik-adikku yang kakak sayangi karena Allah, ketahuilah bahwa semua ibadah itu tidak akan diterima jika tidak terpenuhi dua syaratnya. Dua syarat tersebut adalah ikhlas dan mengikuti ajaran Rasulullah.Nah, berikut ini kakak sampaikan tatacaranya agar kalian mudah memahami dan mengamalkannya:

  1. Dilakukan hanya satu kali sujud.
  2. Boleh dilakukan dengan berdiri dulu kemudian takbir terus sujud, tanpa berdiri juga tidak mengapa.
  3. Menempelkan semua anggota sujud sebagaimana sujud dalam shalat.
  4. Membaca doa, diantaranya:

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ الله أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Wajahku telah bersujud kepada Yang menciptakannya, memfungsikan pendengaran dan penglihatan dengan kemampuan dan kekuatan-Nya.Mahasuci Allah, sebaik-baikpencipta.”

  1. Tidak disyaratkan harus suci dan menghadap kiblat jika dilakukan di luar shalat.
Ada berapa ayat sajdah dalam al-Qur’an?

Para ulama menjelaskan kepada kita, bahwa dalam al-Qur’an terdapat 15 ayat sajdah, sebagaimana yang termaktub dalam mushaf yang biasa kita pakai. Berikut kakak nukilkan ayat-ayat yang dimaksud:

  1. Surat al-A’raf[7]: 206.
  2. Ar-Ra’d[13]: 15.
  3. An-Nahl[16]: 49-50.
  4. Al-Isra’[17]: 107-109.
  5. Maryam[19]: 58.
  6. Al-Hajj[22]: 18.
  7. Al-Hajj[22]: 77.
  8. Al-Furqan[25]: 60.
  9. An-Naml[27]: 25-26.
  10. As-Sajdah[32]: 15.
  11. Shad[38]: 24.
  12. Fushshilat[41]: 37-38.
  13. An-Najm[53]: 62.
  14. Al-Insyiqaq[84]: 21.
  15. Al-‘Alaq[96]: 19.

Wah, susah sekali menghafalkannya, Kak..! Adik-adikku, semoga Allah memberkahi kita semua, jika kalian tidak hafal ayat-ayat tersebut gak usah khawatir karena dalam al-Qur’an sudah ada tandanya.Jadi, apabila kita membaca al-Qur’an lantas melewati ayat-ayat tersebut maka kita disunnahkan untuk sujud. Di antara tandanya adalah seperti dibawah ini:

ﮋﯾ  ﯿ   ﮊ

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga kita diberi ilmu yang bermanfaat sehingga bisa menyelamatkan kita dari pedihnya api neraka. Sampai jumpa pada edisi berikutnya! Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *