Asy-Syakuur yang Maha Mensyukuri

Asy-Syakuur (Yang Maha Mensyukuri)

Assalamu’alaikum,Adik-adik, kaifahalukum?Semoga kalian semua sehat dan tetap bersemangat dalam menuntut ilmu yang mulia ini.Dan tak lupa kakak doakan semoga diberi kesabaran serta pahala yang melimpahbagisobatTARJIM yang pada saat ini sedang mendapat ujian dari Allah.

Sobat,padaedisi kali ini kita akan membahas salah satu nama Allah yang agung danmuliayaituasy-Syakuur, Dzat Yang Mahamensyukuri.

Asy-Syakuur terdapat dalam al-Qur’an sebanyak 4 kali. Di antaranya dalam surat at-Taghabun ayat 17. yang artinya:

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan (pembalasannya) kepadamu dan mengampuni kamu.Dan Allah Maha Pembalas jasa lagi Maha Penyantun.

 Asy-Syakuurmerupakannamaagung dan mulia. Ini menunjukkan kesempurnaan Allah sebagai satu-satunya Dzat yang diibadahi seluruh makhluk di alam semesta. Allah tidak pernah menyia-nyiakan amal seorang hamba yang telah ia kerjakan karena mengharap wajah-Nya. Sebesar apapun perbuatan baik tersebut maka ia akan mendapat balasan dari-Nya. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat sebesar biji sawi pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Bahkan Allah membalas perbuatan baik tersebut dengan kebaikan yang berlipat gandadari 10 kelipatannyahinggatujuhratus kali lipat, bahkan tak terhingga. Itulah maknanama Allah asy-Syakuur.

Nah, setelah kita mengetahui maknanya maka jangan malas-malas untuk berbuat kebaikan, walaupun perbuatan tersebut dianggap sepele oleh manusia, semisal tersenyum kepada sesama muslim. Dengan bermuka manis, berwajah yang ceria ketika berjumpa dengan teman kita maka Allah mencatatnya sebagai kebaikan dan akan melipatgandakan kebaikan kita tersebut.

Selain itu, jangan lupa meneladani sifat Allah yang agung dan mulia ini.Maksdunya,gimana,Kak?Yaitu, jika ada yang berbuat baik kepada kita jangan lupa membalasnya walaupun hanya sekadar ucapan terima kasih dan doa untuknya. Misalnya, ketika di sekolah ada teman kita yang memberi“secuiljajan”kepadakita maka jangan lupa berterima kasih kepadanya dan mendoakan teman kita tersebut Jazakallahu khairan (jika teman kita laki-laki) Jazakillahu khairan (jika teman kita perempuan).Dan lebih baik lagi kalian membalas kebaikan teman itu dengan yang semisal atau lebih baik darinya.Seperti permisalan di atas, ketikakitadiberi “secuiljajan” makaketika kita punya jajan, usahakan memberinya lebih banyak dari pemberiannya.Allahu a’lam.

Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Ajaklah anak-anak untuk mempelajari nama-nama Allah yang agung dan mulia agar mereka semakin kenal dengan Rabb-nya.
  2. Jelaskan kepada mereka kandungannama Allah asy-Syakuursesuaidengandaya nalarnya.
  3. Biasakan mereka untuk senantiasa berterima kasih kepada orang yang berbuat baik kepada kita serta mendoakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *