Berkah Badannya Nabi Muhammad ﷺ

Berkah Badannya Nabi Muhammad[1]

Assalamu’alaikum, kaifa halukum, Sobat TARJIM? Semoga Allah senantiasa menambahkan pada kita ilmu yang bermanfaat. Amin.

Dalam rubrik Wawasan Islam kali ini, kakak akan bagikan kepada kalian tentang salah satu kekhususan yang dimiliki Nabi kita tercinta, Nabi Muhammad ﷺ, yaitu pada badan dan diri Rasulullah ada berkahnya.

Berkah adalah kebaikan yang banyak. Sebaik apa pun orangnya, seperti sahabat Nabi dahulu atau para ulama, mereka tidak memiliki berkah khusus pada badannya. Namun Nabi kita memilikinya.

Nah, seperti apa bentuknya? Di antaranya;
  1. Ludah Nabi ﷺ

Tahukah kalian, bahwa ludah Nabi bisa menyembuhkan sakit mata? Dalam hadits yang shahih dari sahabat Sahl bin Sa’d as-Saidi a\,

فقال أَيْنَ عَلِيٌّ فَقِيلَ يَشْتَكِي عَيْنَيْهِ فَبَصَقَ في عَيْنَيْهِ وَدَعَا له فَبَرَأَ كَأَنْ لم يَكُنْ بِهِ وَجَعٌ

Rasulullah bertanya, “D mana Ali?” Maka dikatakan, bahwa dia sakit mata. Rasul lalu meludah matanya dan langsung sembuh, seolah-olah tidak pernah sakit sebelumnya. (HR. al-Bukhari: 2847, Muslim: 4423)

  1. Rambut Nabi ﷺ

Dahulu para sahabat mengambil potongan rambut Nabi untuk mengambil berkahnya. Sahabat Anas bin Malik a\ menceritakan,

لقد رأيت رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَالْحَلَّاقُ يَحْلِقُهُ وَأَطَافَ بِهِ أَصْحَابُهُ فما يُرِيدُونَ أَنْ تَقَعَ شَعْرَةٌ إلا في يَدِ رَجُل

“Sungguh aku melihat Rasulullah ﷺ saat dicukur rambutnya oleh tukang cukur, para sahabatnya telah mengelilingi beliau. Mereka semua ingin setiap rambut beliau yang jatuh berada di tangannya.” (HR. Muslim: 2325)

  1. Bekas air wudhu Nabi ﷺ

Bekas air wudhu Nabi memiliki berkah yang dijadikan rebutan, seolah saat perang. Urwah bin Mas’ud a\ pernah melihat itu dilakukan para sahabat Nabi ﷺ

إن تَنَخَّمَ نُخَامَةً إلا وَقَعَتْ في كَفِّ رَجُلٍ منهم فَدَلَكَ بها وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ وإذا أَمَرَهُمْ ابْتَدَرُوا أَمْرَهُ وإذا تَوَضَّأَ كَادُوا يَقْتَتِلُونَ على وَضُوئِهِ

“Tidaklah Nabi Muhammad buang dahak (riak) kecuali jatuh di salah satu tangan sahabat, lalu mereka mengusap dahak tersebut ke wajah dan kulit mereka. Jika beliau memerintah maka para sahabat langsung mengerjakannya dan apabila beliau wudhu maka mereka seolah-olah saling membunuh karena berebut air wudhunya.” (HR. Muslim: 2581)

  1. Keringat Nabi ﷺ

Anas bin Malik a\ mengisahkan, bahwa suatu ketika Nabi ﷺpernah tidur di tikar sampai berkeringat dan mengenang di tikar itu maka Ummu Sulaim s\ mengambil keringat tersebut. Rasul ﷺbersabda:

“Apa yang engkau lakukan, wahai Ummu Sulaim?” Dia mengatakan, “Ya Rasulullah, kami ingin berkahnya untuk anak-anak kami.” Kata Rasul, “Benar kamu.” (HR. Muslim: 2331)

Dan hadits-hadits yang lain yang sangat banyak. Namun harus diingat, bahwa berkah itu semua diambil saat Rasulullah masih hidup. Adapun saat beliau sudah meninggal, maka tidak boleh.

Untuk pendidik dan orang tua:
  1. Jelaskan bahwa itu adalah kekhususan Rasulullah ﷺyang tidak boleh bagi selain beliau. Buktinya, setelah Rasul meninggal para sahabat tidak ada yang melakukan hal tersebut pada Abu Bakar, Umar, dll.
  2. Semangat para sahabat untuk mendapatkan kebaikan dari Nabi.

[1] Penomoran hadits dari Maktabah Syamilah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *