Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Soal:

Assalamu’alaikum. Mohon maaf, bagaimana cara menghilangkan kutil? Dan apa penyebab serta bahaya kutil? Terima kasih. (Pembaca)

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Kutil adalah pertumbuhan cepat pada lapisan kulit luar. Sebagaimana diketahui, kutil bukan termasuk jenis kanker. Konon disebabkan oleh virus yang disebut human papillomavirus (HPV). Adapun orang Jawa zaman dulu mempercayai bahwa darah ayam yang mengenai kulit yang tidak cepat dibersihkan akan menumbuhkan kutil.

Kutil secara umum bukanlah termasuk kelainan yang membahayakan dan bukan termasuk kanker. Hanya saja adanya kutil sedikit banyak mengganggu pemandangan dan tampilan kulit yang dihinggapinya.

Sebagian besar kutil tidak bisa hilang sendiri, pertumbuhannya bisa menyebar luas, meski sebagian ada tipe kutil yang bisa hilang sendiri. Banyak langkah yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil, sebagian ada yang dicabut paksa atau dipotong. Cara ini tergolong efektif bisa langsung menghilangkan kutil, akan tetapi risiko munculnya kutil masih besar, selain itu menimbulkan munculnya banyak darah.

Cara menghilangkan kutil

Setahu kami, cara yang terbaik menghilangkan kutil adalah dengan pemijatan langsung pada kutil. Lakukan pemijatan langsung pada benjolan kutil berulang kali, sambil sedikit menarik-narik kutil minimal 2 menit. Biasanya setelah sehari kutil akan mengering, berubah menghitam. Lakukan pemijatan sambil lukai sebagian kecil kutil, bisa dengan kuku atau alat yang lain. Setelah itu lakukan pemijatan ulang pada kutil. Sehari setelahnya biasanya kutil sudah rontok, walaupun sebagian membutuhkan tarikan ulang untuk mengambil sisa kutil. Tidak ada pendarahan dan rasa sakit yang berarti. Rasa sakit hanya saat pemijatan, bukan tatkala penarikan sisa-sisa kutil.

Untuk hasil maksimal, setelah melakukan pemijatan, cuci tangan dengan sabun. Yang kedua, eksekusi terlebih dahulu kutil yang paling tua. Dengan hilangnya kutil yang tua, perkembangan jaringan kutil pada bagian kulit lain akan terganggu, pertumbuhannya melambat.

Sebaiknya waktu pemijatan kutil tatkala kutil sudah besar. Adapun jika dilakukan pada kutil kecil, hasilnya masih maksimal, hanya tingkat nyeri dan kesulitan terapi akan bertambah. Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *