Ibu Hamil Boleh Minum Obat Mag?

Soal:

Bismillah. Ummu, saya seorang ibu usia 28 tahun. Saat ini sering mengalami gangguan lambung dan sekarang saya hamil 6 bulan. Apakah boleh saya minum obat mag yang dibeli di toko obat? Bagaimana caranya menghilangkan penyakit ini? Syukran. (Ummu al-Fath, Kediri)

Jawab:

Walhamdulillah. Secara umum, wanita hamil kerap mengalami gangguan asam lambung sebagai akibat adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Hal ini sering diperparah dengan kondisi yang sering mual muntah dari emesis gravidarum. Banyak wanita hamil tidak bisa menahan rasa perih dan lemah saat mag ini datang.

Jika dalam kondisi tersebut, memang obat diperlukan untuk membantu menetralkan asam lambung yang meningkat tersebut. Dalam minum obat mag, wanita hamil harus tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan terdekat.

Secara umum ada beberapa tingkatan mag. Antara lain; 1) Mag ringan, yaitu mag yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebih, 2) Mag sedang, yaitu mag yang ditandai gejala nyeri sakit dan mual di lambung yang sakit bagi penderitanya, 3) Mag kronis, yaitu yang lebih parah dibandingkan sebelumnya.

Adapun untuk mengurangi rasa sakit ataupun mag yang diderita, bisa dengan cara sebagai berikut:

  • Daun jambu biji, direbus sampai airnya mendidih, saring, minum dalam keadaan hangat.
  • Kunyit (seperti buat jamu), parut, saring, ambil airnya, minum, rutin pagi sore.
  • Pisang juga bagus untuk mengobati asam lambung. Cukup konsumsi buah pisang setiap hari sebagai pengganti buah atau nasi.
  • Lemon diminum setiap pagi dalam kondisi perut kosong, dicampur 2 sendok madu sangat dianjurkan untuk penderita mag kronis.

Adapun makanan, ada beberapa yang perlu dihindari, di antaranya: gorengan, makanan pedas, berlemak, sawi, kol, nangka, kedondong, susu, agar-agar, kopi dan lain-lain. (Ummu Wildan A.Md. Keb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *