Karyawan Betah, Bisnis Berkah

Karyawan Betah, Bisnis Berkah 

Oleh: Bayu S.E. 

Segala puji hanya bagi Allah ﷻ, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad ﷺ, keluarga, sahabat dan umatnya yang mengikuti petunjuk beliau hingga akhir zaman.

Sumber daya manusia adalah salah satu pilar utama dalam kelangsungan dan keberhasilan bisnis. Sumber daya manusia merupakan aset dan potensi yang harus dimaksimalkan perannya agar bisnis bisa berjalan dan berkembang. Namun, bukanlah sebuah perkara yang mudah mengelola sumber daya manusia dalam bisnis. Insya Allah, pada edisi ini, rubrik Kiat Bisnis akan membahas kiat-kiat karyawan betah pada UMKM.[1]

Salah satu permasalahan dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam bisnis, terutama pada skala UMKM adalah membuat betah karyawan atau pegawai yang potensial dan berprestasi. Memang tidak bisa dipungkiri, turn over karyawan adalah sesuatu yang lumrah dalam dunia bisnis, namun, turn over karyawan dalam skala UMKM sangat berpengaruh pada operasional perusahaan, sehingga dibutuhkan strategi agar karyawan betah dan terus termotivasi untuk berkarya.

Sebelum membahas apa strategi meminimalkan turn over karyawan, perlu kiranya memahami beberapa sebab karyawan tidak betah, di antaranya:

  1. Gaji tidak sesuai dengan pekerjaan.
  2. Kurangnya motivasi dalam bekerja.
  3. Lingkungan dan budaya perusahaan yang kurang mendukung.
  4. Tidak ada kejelasan job description.
  5. Atasan yang kurang komunikatif.
  6. Tidak ada pengembangan skill.
  7. Tidak ada reward atas prestasi.
  8. Dan yang lainnya.

Lantas, bagaimana karyawan supaya betah bekerja? Berikut beberapa strategi dan tips:

  1. Memilih calon karyawan yang tepat.

Seorang pebisnis harus memiliki pengetahuan dan pemahaman “sempurna” terhadap bisnis yang dijalani. Dengan pengetahuan dan pemahaman tersebut diharapkan pebisnis memahami kebutuhan SDM bisnisnya dalam berbagai aspek, baik dari kebutuhan skill, budaya organisasi, dan keselarasan karakter.

  1. Membangun komunikasi yang efektif.

Komunikasi seakan-akan menjadi roh dalam berorganisasi. Komunikasi efektif akan melahirkan sikap dan hubungan yang baik. Sikap dan hubungan baik dengan karyawan menghasilkan pencapaian tujuan bersama dan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

  1. Membangun Komitmen bersama.

Membangun komitmen tidak bisa dilakukan sehari, dua hari, namun perlu adanya sikap dan komunikasi yang tepat dari pebisnis kepada karyawan. Keteladanan pebisnis menjadi hal yang sangat penting dalam membangun komitmen bersama. Keteladanan sifat, sikap, kedisiplinan yang baik akan menumbuhkan respon yang baik pula dari karyawan. Keteladanan pebisnis akan menumbuhkan kepercayaan karyawan kepada pebisnis. Kepercayaan yang telah tumbuh dalam diri karyawan, menjadikan karyawan nyaman, aman, dan giat dalam bekerja.

  1. Komitmen memenuhi hak karyawan.

Pebisnis dalam memenuhi kebutuhan SDM bisnisnya harus mempertimbangkan berbagai hal (tidak akan dibahas saat ini), di antaranya kemampuan perusahaan dalam menggaji, atau lebih luas lagi, memenuhi hak karyawan dalam aspek finansial, baik itu gaji atau tunjangan. Ukur kemampuan perusahaan, cari karyawan sesuai spesifikasi, buat penawaran terkait finansial dan capai kesepakatan bersama, penuhi kesepakatan tersebut. Kurangnya komitmen pebisnis dalam aspek ini akan sangat mengganggu keberlangsungan bisnis yang ia jalankan.

  1. Menciptakan lingkungan yang nyaman.

Lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan adalah salah satu alasan karyawan betah bekerja di suatu perusahaan. Lingkungan secara fisik harus disetting sedemikian rupa, terlebih lingkungan secara batin berupa norma-norma kebaikan dalam lingkungan. Hubungan antar personal, atau personal terhadap kelompok harus dipupuk dan dijaga selalu dalam kebaikan, sehingga nilai-nilai kebaikan terus tertanam dalam setiap sumber daya manusia dalam perusahaan.

  1. Memberikan pelatihan dan orientasi usaha.

Karyawan bekerja sesuai harapan pebisnis apabila sudah mengetahui profil perusahaan, memahami visi dan misi perusahaan, mengenal budaya perusahaan, dan memahami job description pada tempat di mana dia akan bekerja. Pelatihan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan karyawan pun sangat dibutuhkan agar kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien.

  1. Memberikan wewenang dan tanggung jawab.

Wewenang dan tanggung jawab adalah bentuk kepercayaan kepada karyawan. Dan karyawan dengan kepercayaan tersebut memiliki kesempatan pembuktian diri melaksanakan tugas dan wewenang. Berikan reward ketika wewenang dan tanggung jawab tersebut terlaksana dengan baik, dan berikan teguran ramah dan tepat sasaran ketika karyawan kurang bisa melaksanakannya.

  1. Doa dan motivasi karyawan.

Bukanlah suatu hal yang sulit, mendoakan karyawan dengan kebaikan. Doa adalah harapan, tidaklah keluar dari doa seseorang sebuah kebaikan, melainkan akan menghasilkan kebaikan dan sikap baik kepada yang dia doakan. Allah sebaik-baik tempat mengadu dan berharap. Selalu memohon kepada Allah keberkahan dengan sebab halalnya bisnis dan kebaikan sikap serta perhatian kepada karyawan. Cukuplah nasihat Nabi ﷺ tentang anjuran mendoakan saudaranya seiman sebagai motivasi untuk mendoakan karyawan:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang bertugas baginya. Setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata, ‘Amin, dan engkau pun akan mendapatkan apa yang ia dapatkan.’” (HR. Muslim)

Demikian sedikit yang bisa dibahas pada edisi kali ini. Masih banyak strategi atau tips mengelola sumber daya manusia dalam bisnis, namun karena keterbatasan ilmu dan pemahaman penulis, serta hal lainnya, tidak bisa dijabarkan pada edisi ini. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.


[1] Fokus pembahasan edisi ini adalah skala Usaha Mikro Kecil Menengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *