Makhluk Lain yang Mencintai Rasulullah ﷺ

Makhluk Lain yang Mencintai Rasulullah ﷺ

Assalamu’alaikum…. Sobat TARJIM yang berbahagia, tahukah kalian semua, ternyata benda-benda mati menurut pandangan manusia seperti: batu, pohon dll. Mereka semua pernah mengungkapkan cintanya kepada Rasulullah? Bukan khayalan atau cerita fiktif lho…, sebagaimana komik atau film kartun, tetapi benar-benar kisah nyata yang terukir dalam sejarah Islam! Penasaran? Yuk, langsung ke TKP!

1. Kisah batu yang memberi salam kepada Nabi ﷺ.

Sahabat Jabir bin Samurah berkata, bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda, “Sesungguhnya aku mengetahui sebuah batu di Makkah memberi salam kepadaku sebelum aku diangkat menjadi Nabi. Sesungguhnya aku mengetahuinya sampai sekarang.” (HR. Muslim: 2277)

2. Kisah unta yang berbicara kepada Nabi ﷺ.

Sahabat Ya’la bin Murrah ats-Tsaqafi berkata, “Ketika kami bersama Nabi ﷺ dalam suatu perjalanan, kami melewati seekor unta yang sedang diberi minum. Tatkala unta tersebut melihat Nabi ﷺ, ia mengeluh dan meletakkan lehernya. Lalu Nabi ﷺ berdiri di dekatnya dan bertanya, ‘Mana pemilik unta ini?’ Lalu datanglah pemiliknya, dan Nabi ﷺ berkata, ‘Juallah ia padaku!’ Lalu pemiliknya menjawab, ‘Kami hadiahkan padamu, Rasulullah. Ia adalah milik keluarga yang tidak memiliki mata pencaharian selain unta ini.’ Rasulullah ﷺ berkata, ‘Sesungguhnya ia telah mengadukan tentang banyak bekerja dan kekurangan makanan, maka berbuat baiklah kamu kepadanya.’” (Shahih Misykatul Mashabih: 5922, al-Albani)

3. Kisah pohon yang berjalan kepada Nabi ﷺ.

Sahabat Ya’la bin Murrah ats-Tsaqafi berkata, “Ketika kami bersama Nabi ﷺ dalam suatu perjalanan, kami berhenti di suatu tempat, lalu Nabi ﷺ tidur. Tiba-tiba datang sebatang pohon beregrak membelah bumi sampai ia menaungi Nabi ﷺ. Kemudian ia kembali lagi ke tempatnya semula. Tatkala Rasulullah ﷺ bangun, aku sebutkan hal tersebut kepada beliau. Beliau berkata, “Ia adalah pohon yang meminta izin pada Rabbnya untuk memberi salam padaku, lalu Allah q\ mengizinkannya.” (Shahih Syarhus Sunnah: 7, al-Albani)

4. Kisah tangis batang kurma.

Sahabat Anas bin Malik berkata, “Adalah Rasulullah biasa berkhotbah bersandar pada batang kurma. Tatkala mimbar telah dibuat, beliau meninggalkannya. Batang kurma tersebut lantas menangis. Kemudian Rasulullah ﷺ mendatanginya dan memeluknya, maka batang kurma itu pun diam. Rasulullah ﷺ lalu bersabda, ‘Jika seandainya saya tidak memeluknya, niscaya dia akan menangis hingga hari kiamat.’” (Shahih Ibnu Majah: 1162, al-Albani)

Nah, sekian dulu, Sobat TARJIM….

Untuk orang tua dan pendidik:
1. Ajarkan anak untuk mencintai Rasulullah
2. Yakinkan bahwa cerita di atas adalah nyata, tidak sebagaimana kisah dalam film ataupun komik.
3. Jelaskan kepada mereka agar tidak berbuat sebagaimana kebanyakan orang yang selalu mengeramatkan benda-benda mati yang aneh. Sesungguhnya benda-benda tersebut tidak dapat mendatangkan manfaat ataupun madharat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *