Mengharap Datang Hujan

Mengharap Datangnya Hujan
Oleh: Tim TARJIM

Hujan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua makhluk, terutama tatkala terjadi kemarau panjang. Dengan turunya hujan, semua makhluk hidup akan mengambil manfaat darinya. Lalu, apa saja manfaat air hujan bagi semua makhluk? Coba kalian sebutkan sebanyak-banyaknya!

Sobat TARJIM yang shalih dan shalihah, karena mengharap turunnya hujan yang tak kunjung datang biasanya manusia melakukan berbagai usaha agar hujan itu bisa segera turun,sehingga bisa membasahi permukaan bumi yang panas dan kering. Namun, tidak semua usaha mereka sesuai dengan syariat Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.

Contoh cara meminta hujan yang tidak benar 

Adik-adikku, ada beberapa usaha dan carayang dilakukan manusia untuk “mendatangkan” hujan. Di antaranya, adalah mengharap turunnya hujan dengan munculnya jenis bintang tertentu.Sehingga tatkala turun hujan, mereka mengatakan, “Hujan turun karena bintang ini!”

Ada juga yang mengadakan pertarungan antara dua orang laki-laki.Mereka menggunakan pakaian adat dan diiringi dengan mantra serta nyanyian khusus.Mereka bersenjatakan cambuk atau berperang dengan sebilah rotan,sehingga keluar darah dari tubuh mereka.Ritual ini disebut Tiban di daerah Tulungagung dan sekitarnya, Ojung di Bondowoso, Ujungan di Banjarnegara, GebugEnde di Bali dan sebagainya. Nah, setelah ritual tersebut “diyakini” akan turun hujan.

Nah, benarkah ucapan dan anggapan mereka itu? Ya, ucapan dan anggapan mereka sayangnya salah total, bahkan bisa menyeret mereka pada perbuatan syirik.Na’udzubillah min dzalik, semoga kita terhindar dari perbuatan dan anggapan mereka.SobatTARJIM dimanapun kalian berada –semoga Allah melimpahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita- ketahuilah, bahwa turunnya hujan merupakan salah satu urusan gaib yang hanya diketahui oleh Allah.Lantasapa yang bisa kita usahakan, agar Allah segera menurunkan hujan-Nya?

Usaha yang syar’i

Adik-adikku yang shalih dan shalihah, Islam adalah agama yang sempurna.Oleh karena itu tidak ada satupun urusan yang terlewatkan dalam agama kita.Rasulullah telah mengajarkan kepada kita bagaimana caranya agar Allah segera menurunkan hujan-Nya ketika kemarau panjang.Yaitu dengan melakukan shalat istisqa’.Apa itu shalat istisqa’,Kak?Gimana tata cara dan pelaksanaannya?

Shalat istisqa’ adalah shalat yang dilakukan untuk meminta hujan.Nah, untuk tata caranya kalian bisa baca secara ringkas dalam rubrik fikih pada TARJIM edisi bulan ini.Allahu a’lam.


Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Jelaskan kepada anak-anak bahwa hujan merupakan karunia dari Allah. Oleh karena itu kita tidak boleh menyandarkan hujan kepada selain Allah.
  2. Fungsi bintang ada 3 sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah Ta’ala, yaitu sebagai hiasan langit, pelempar setan dan petunjuk arah bagi manusia. Oleh karena itu, jika ada yang mempunyai anggapan selain tiga hal tersebut maka ia telah salah dan bahkan bisa terjerumus pada kesyirikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *