Mewudhukan Orang Tua yang Sudah Lanjut

Soal:

Assalamu’alaikum. Mohon ilmunya, Ustadz, abah saya sudah udzur karena sakit dan untuk beraktivitas sudah sangat terbatas. Sekarang beliau pakai diapers karena udzurnya. Pertanyaan saya, bolehkah saya bantu mewudhukan abah saya saat mau shalat (dengan membawakan air dan ember ke kamarnya untuk wudhu dan membantu mengusapkannya)?

Sebenarnya, jalan masih bisa tetapi abah enggan untuk wudhu. Jadi, sekarang sudah tidak pernah shalat lagi. Daripada tidak shalat, apakah lebih baik saya bantu beliau dalam hal bersuci? Untuk segala nasihat sudah kami lakukan dengan halus sekali, tetapi kami malah dibentak (efek sakit syarafnya jadi mudah marah). Jazakallahu khairan atas jawabannya.

(+62 858-5223-0XXX)

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Semoga Allah memberikan kesembuhan pada abah Anda serta mencurahkan kesabaran pada Anda sekeluarga.

Adapun tentang masalah di atas, maka boleh bagi seorang anak atau lainnya untuk membantu orang lain dalam bersuci. Baik itu dengan membawakan air atau mengusapkannya ke anggota wudhu. Rasulullah n\ pernah berwudhu dibantu oleh sahabat al-Mughirah bin Syu’bah a\ dengan membawakan air dan mengucurkannya untuk beliau.

Selanjutnya, selalu ingatkan orang tua agar tidak meninggalkan shalat dalam kondisi apa pun, tentunya dengan cara yang sangat lembut dan santun. Dan semoga ini menjadi amal kebajikan anak terhadap orang tuanya yang dengannya dapat mengantarkannya ke surga. Amin

Oleh: Ust. Ahmad Sabiq L.c.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *