Nabi Isa Diangkat Ke Langit

Nabi Isa Diangkat ke Langit

Nabi Isa berdakwah ditengah kaumnya dengan penuh tantangan. Pada suatu saat beliau berdiri di hadapan kaumnya untuk menyampaikan kepada mereka bahwa kenabian di kalangan bani Isra’ilakan berakhir padanya. Maknanya tidak ada nabi lagi setelahku yang diutus dari kalangan bani Isra’il.  Beliau menjelaskan sifat-sifat nabi dan rasul yang akan dating setelahnya, bahkan menyebutkan namanya. Hal ini sebagai bukti kasih sayang Allah kepada mereka dengan memberitahukan nama dan sifat-sifat nabi yang akan datang setelahnya.

Allah ﷻ menjelaskan bahwa Dia telah mengangkat Isa setelah membuatnya terlelap dalam tidurnya. Allah menyelamatkannya dari orang-orang Yahudi yang bermaksud untuk menyakitinya dan menjelek-jelekkan namanya di hadapan raja-raja kafir pada masa itu. Sehingga keluar perintah sang raja untukmembunuhdanmenyalib Isa bin Maryam.

Maka merekapun mengepung sebuah rumah di Baitul Maqdis. Pada saat mereka masuk ke rumahnya, Allah menyerupakan wajah salahseorangdaripengepungrumahtersebutdengan wajah Nabi Isa. Sedangkan Nabi Isa sendiri diangkat ke langit. Selanjutnya mereka masukke dalam rumah itu dan melihat pemuda yang wajahnya telah diserupakan dengan wajah Nabi Isa. Oleh karena itu, mereka segera menyalibnya dengan meletakkan duri-duri di kepalanya sebagai penghinaan terhadap dirinya. Lalu orang-orang Nasrani yang tidak menghadiri kejadian itu,percaya sepenuhnya bahwa orang-orang Yahudi telah membunuh Nabi Isa. Allah ﷻ berfirman yang artinya:

Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya Kami telah membunuh al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah,” padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya.Dan adalah Allah Maha Perkasa lagiMahabijaksana. (QS.an-Nisa’: 157-158)

Nabi Isa diangkat ke langit pada usia 34 tahun. Kelak di akhir zaman sebelum hari kiamat tiba, beliau akan diturunkan ke bumi. Beliau akan turun dan membunuh babi, menghancurkan salib, memberlakukan jizyah dan tidak menerima kecuali Islam seperti yang diajarkan oleh Rasulullah.

Nabi Isa mendapat gelar al-Masih karena sentuhan beliau ke bumi, yakni perjalanan yang beliau lakukan dan upayanya melarikan diri dengan membawa ajaran agamanya dari berbagai ujian yang muncul dari orang-orang Yahudi.

Untuk pendidik dan orang tua:

  1. Jelaskan kepada anak-anak bahwa orang shalih itu senantiasa mendapat tantangan dari manusia disekitarnya sebagaimana yang dialami para Nabi.
  2. Jelaskan akidah Islam yang benar terkait Nabi Isa putra Maryam dan bandingkan dengan keyakinan orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *