Rasa nyeri di payudara

Soal:

Assalamu’alaikum. Mohon maaf, Ustadz, di bulan ini ada sesuatu yang aneh pada payudara saya. Sudah seminggu mulai nyeri. Nyerinya bukan karena payudara baru tumbuh, tetap rasa nyeri ini bisa tembus menjalar ke belakang sampai ke punggung. Tidak terlalu nyeri sih, tetapi saya takut apakah ini gejala kanker? Saya malu periksa ke dokter. Saya pun sudah melakukan SADARI sendiri. Atas jawabannya saya ucapkan Jazakumullahu Khoiron.

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Wallahu a’lam, apakah ini kanker atau bukan. Untuk memastikannya kami membutuhkan analisa dan pemeriksaan ulang.

Mengenai nyeri payudara ini, wallahu a’lam, sepertinya bukan kanker payudara, akan tetapi nyeri akibat kelainan tulang atau otot pada dada. Alasannya, rasa nyeri menjalar ke daerah punggung atau daerah lain, semisal leher dan lengan. Untuk memastikan hal ini, coba gerak-gerakan badan. Jika didapati posisi tertentu memicu timbulnya nyeri, hampir bisa dipastikan sumber masalahnya adalah tulang. Selain menggerakan badan, coba tekan-tekan bagian tulang pada daerah yang nyeri. Apabila tekanan menimbulkan rasa nyeri atau ngilu, berarti keluhan tulang, bukan karena nyeri kanker payudara.

Untuk memperbaiki masalah kelainan tulang, cukup tekan atau pijat lokal, dengan cara ditahan tidak digeser-geser, seperti orang memencet bel. Tekan satu menit atau dua menit kemudian lepaskan. Ulangi di lain waktu. Insya Allah, jika hal itu disebabkan karena tulang dan otot, sehari setelah pemijatan perubahan sudah sangat mencolok, kecuali jika disertai kerusakan tulang atau pergeseran sendi rusuk. Konsumsi obat asam urat atau obat anti nyeri sedikit membantu dalam masalah ini.

Sifat nyeri tulang ini berbeda dengan nyeri kanker payudara. Biasanya nyeri akibat kanker payudara tidak menjalar, kecuali dalam kasus parah. Demikian pula sifat nyeri hanya disentuh saja sudah sakit dan panas, tidak seperti nyeri tulang yang baru terasa ngilu saat ditekan.[1] Begitu pula nyeri pada kanker payudara akan mengubah kulit menjadi kemerahan atau keunguan. Kanker payudara pun akan mengubah bentuk payudara, baik pada kenampakan punting, munculnya benjolan atau kepadatan pangkal payudara yang nampak pada saat terlentang ke atas, dan sebagainya.

Apabila cara-cara di atas tidak membantu, maka kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri. Semoga ada jalan termudah untuk masalah ini.

Perlu diperhatikan juga, apakah nyeri yang baru muncul ini ada hubungannya dengan masalah:

 Terlalu capek

Jika terlalu capek, biasanya bagian perut dan punggung wanita rentan sakit. Untuk masalah ini, cukup perhatikan posisi tidur yang nyaman buat punggung untuk sementara waktu.

Seminggu sebelum haid

Biasanya payudara akan nyeri, jika sebelumnya Anda sudah sakit punggung. Kemungkinan sakit punggung akan semakin parah dan sensitif sesaat pada masa-masa ini.

Bra tidak sesuai dengan bentuk payudara

Untuk payudara besar, dibutuhkan tali bra yang lebih besar sehingga pundak dan punggung tidak terlalu terbebani saat aktivitas. Wallahu a’lam, demikianlah yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

[1] Kecuali jika penjalaran dan medan kerusakan tulang sangat besar atau efek imbas ke payudara sangat dominan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *