Sering Pusing, Tetapi Merasa Tubuh Sehat

Soal:

Assalamu’alaikum. Maaf, saya adateman memiliki keluhan aneh.Dia merasa setiap hari sakit kepala puyeng,[1] namun anehnya dia tidak merasakan ada kelainan pada tubuhnya.Dia merasa baik-baik saja dan tidak mau dikatakan sakit.Apakah ini kekhususan tubuhnya atau efek kebiasaan dirinya yang sering terlalu mudah marah?Jazakumullahukhairan atas penjelasannya.(Pembaca)

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.Wallahu a’lam,kemungkinan besar ini adalah gejala kelainan tubuh dan bukan merupakan kekhususan, meski masalah puyeng ini sudah berlangsung lama atau bahkan ada sejak kecil.

 Gangguan fisik

Bisa jadi ada kelainan pada kepala, bisa dari pengaruh cuaca, lambung, tekanan darah, kolesterol ataupun ada gangguan pada organ penyusun tulang kepala seperti radang ringan atau gangguan saraf.

Apabila sampai saat ini Anda tidak merasa mempunyai keluhan yang berarti selain pusing, kemungkinan hal yang perlu dicurigai pertama kali adalah kepala.Kemungkinanada gangguan syaraf atau cacat pembawaan dari bentuk dan struktur bangunan keras (tulang tengkorak) ataupun ada peradangan ringan,bisa karena benturan ataupun desakan organ yang tumbuh, semisal kanker.

Jika melihat keluhan pusing yang ringan, sebagaimana cacat atau kerusakan otak sangat kecil, mengingat sekecil apapun gangguan pada otak atau jaringan keras kepala efeknya nyata, sakit kepala berat sampai puncaknya.

Lemah fisik

Ringkih, inilah prediksi yang lebih kuat.Staminabadan dan kekuatan tubuh sangat lemah, tidak kuat dan mudah sakit-sakitan, sehingga saat melakukan aktivitas selalu menguras kekuatan tubuh, terasa berat karena tidak adanya tenaga dan lemahnya tubuh.Jikademikian, masalah menjadi jelas.

 Gangguan pencernaan ataupun gangguan rahim

Kedua gangguan ini, atau salah satu dari keluhan ini seringkali menimbulkan keluhan perut imbas dari adanya gas perut yang berlebihan.Sehingga apabila gas asam berlebihan bisalangsung ke kepala, karena jalan sudah terbentuk sebagai imbas lama sakit kepala.

Adanya gangguan hipertensi

Kemungkinan lain adalah hipertensi, apalagi ada indikasi sering marah. Selain hipertensi, diabetes juga dapat memicu.Penyakitini, kedua-duanya secara umum mengurastenaga dan memicu badan lemas.

Kebisaan yang hilang

Bisa karena program diet pengaturan makanan atau minuman sehingga kebiasaan yang semenjak kecil membangun tubuh kita, kekurangan asupan sehingga menggerogoti dari dalam.

Saran-saran

Perhatikan sifat jenis pusing Anda; apakah pusing ini muncul tanpa sebab atau ada penyebabnya?Jika pusing muncul tanpa sebab, sebaiknya periksakan diri untuk memastikan kondisi kepala.Adapun jika ada penyebab begini dan begini, maka lakukan pengobatan sesuai dengan kesimpulan gejala yang ada.Wallahu a’lam, demikian yang bisa kami sampaikan.Semogabermanfaat.

[1]Sakit pusing ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *