Tanda khusus kencing manis bagi wanita

Tanda khusus kencing manis bagi wakenita

Soal:

Assalamu’alaikum.Mohon maaf,Ustadz, jika seseorang wanita memiliki riwayat keturunan kencing manis, gejala apayang dapat dirasakan?

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.Untuk memastikan kencing manis, cara yang termudah adalah dengan tes lab. Tes sebaiknya dilakuan secara lengkap; pengecekan setelah puasa dansetelah makan, sehingga terlihat gambaran kondisi organ sebelum makan dan reaksinya setelah makan.

Secara umum, gejala kencing manis di antaranya: seperti sering buang air kecil dengan volume banyak,[1] selalu merasa haus dan ingin minum (rasa haus berlebihan),[2] selalu lapar, mudah mengantuk dan muncul gatal-gatal yang susah sembuh, serta sebagian kasus disertai penurunan berat badan atau kulit badan menghitam. Inilah gejala umum pada kencing manis, umum bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan.

Khusus untuk perempuan,ada 3 tambahan gejala yang hanya dialami oleh wanita:

  1. Infeksi di kemaluan.

Kemaluan mengalami infeksi, berwarna kemerahan, terasa gatal dan bengkak, dengan disertai keputihan abnormal.Namun tidak semua kasus diabetes pada wanita selalu ditandai hal ini.Berhubung infeksi ini muncul jika saat kencing, sehingga faktor kebersihan dan pembersihan daerah kemaluan sangat berpengaruh.Hanya saja yang perlu diperhatikan saat bagian kemaluan mengalami infeksi, risiko terkena diabetes lebih besar.Olehsebab ini, sebaiknya cek keberadaannya sehingga diabetes tidak bertambah parah.

  1. Infeksi saluran kemih.

Begitu pula dengan adanya infeksi kandung kemih yang sering berulang.Adapun jika hanya sekali waktu, bisa banyak kemungkinan; bisa karena faktor kebersihan, efek berhubungan dengan suami (terkait tingkat kebersihan alat kemaluan saat berhubungan), ataupun adanya peradangan karena kecelakaan, atau peradangan.Meski beragam penyebabnya, tidak ada salahnya pada saat mengalami radang kandung kemih mengurangi asupan yang dapat memicu kencing manis.

  1. Kebanyakannya disebut Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik, yakni masalah gangguan hormon.Gangguan hormon ini biasanya memicu munculnya kista pada ovarium, gangguan insulin dan gangguan berat badan (cenderung gemuk).Demikian 3 tambahan tanda kencing manis pada wanita dan semoga informasi ini bermanfaat.

Wallahu a’lam,secara umum kadar gula seseorang selalu bervariasi. Mirip-mirip tekanan darah pada seseorang.Sehingga pada suatu ketika normalnya harus rendah dan harus tinggi, tidak selalu stabil menyesuaikan dengan pola aktivitas, makan dan tidur.Oleh sebab itu, selama tidak menimbulkan keluhan yang tidak berarti,sepertigejala gatal-gatal, luka dan keluhan kram yang berlebihan, sebaiknya kita sikapi biasa saja.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan.Semoga bermanfaat.


[1]Bedakan antara sering kencing atau kencing arena kebiasaan.Misalnya, kencing seorang siswa yang setiap selesai bel sekolah atau saat istirahat.

[2]Yang dimaksud adalah keinginan minum pada hari-hari biasa tanpa penyebab yang jelas.Oleh sebab itu, harus dibedakan antara keinginan minum saat haus setelah beberapa hari perjalanan (safar yang panjang) atau haus setelah kepanasan atau kerja keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *