Trimester Ketiga Pinggang Selalu Nyeri

Trimester Ketiga Pinggang Selalu Nyeri 

Oleh: Ummu Wildan A.Md. Keb

Soal:

Bismillah. Ummu, saya ingin tanya. Saat ini saya sedang hamil anak kedua, dan sudah masuk bulan ke-6. Akhir-akhir ini pinggang saya sering nyeri dan menjalar sampai ke tulang bawah punggung, tetapi itu terjadi ketika tidur terlentang dan akan terasa amat sakit ketika bangun. Ini tidak terjadi pada kehamilan yang pertama. Mohon jawabannya. Syukran. (Ummu Rumaysho, Cirebon, 082214596XXX)

Jawab:

Walhamdulillah. Ummu Rumaysho yang baik, kehamilan usia 6 bulan ke atas atau trimester 3 mulai banyak keluhan yang mengarah pada kelelahan fisik dan juga gejala lain. Salah satunya ialah keluhan pada tulang dan sendi.

Nyeri pada pinggang merupakan gejala umum yang dialami oleh sebagian ibu hamil, terlebih di usia kehamilan yang sudah 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan gravitasi tubuh yang mulai mengalami perubahan, di mana berat tubuh berpindah pada salah satu sisi, yaitu pada bagian depan. Yaitu ketika perut semakin membesar dan pinggang tertarik untuk menjadi lebih condong mengikuti porsi tubuh. Hal ini jika berlanjut akan menimbulkan kekakuan pada otot sendi dan tulang belakang.

Sebenarnya ada beberapa cara agar nyeri tersebut tidak semakin parah, di antaranya adalah:

  • Jalan kaki. Olah raga murah mudah ini bisa dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri pada punggung dan pinggang ibu hamil. Jadikan jalan kaki atau jogging sebagai pilihan olah raga rutin.
  • Senam hamil. Dapat dilakukan sejak kehamilan memasuki usia 5 bulan. Olah tubuh yang tepat pada ibu hamil dapat menjaga kebugaran dan melatih keseimbangan.
  • Berenang dapat juga melatih otot dan sendi serta mengurangi nyeri pada ibu hamil maupun dalam kondisi tidak hamil, terlebih bagi mereka yang punya riwayat sakit nyeri pinggang atau yang lainnya.
  • Hati hati dalam setiap gerakan tubuh, gunakan pakaian yang longgar dan hindari sandal berhak tinggi.
  • Gunakan bantal penyangga punggung saat berbaring atau dalam kondisi duduk terlalu lama.
  • Tidur dalam posisi menyamping, bukan terlentang. Tekuk salah satu lutut dan tempatkan bantal di bawahnya juga beri bantal di bawah perut serta punggung.
  • Ambil jeda waktu teratur jika ingin bangun dari posisi duduk ke berdiri maupun sebaliknya.
  • Akupunktur. Jika mau, akupunktur bisa dijadikan alternatif pijat untuk mengurangi nyeri.
  • Jaga berat badan, jangan terlalu berlebihan untuk berat badan karena ini berpengaruh pada gerakan tubuh dan sendi.
  • Inilah beberapa cara yang bisa dijadikan latihan untuk mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Jika sakit tak kunjung berkurang atau hilang, hubungilah dokter terdekat. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *