Adab-Adab Shalat Malam

Segala puji hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

Sobat TARJIM di manapun kalian berada, ketahuilah, bahwasanya tidaklah sama orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu. Oleh karena itu mari tingkatkan semangat kita dalam mempelajari agama Allah yang mulia dan agung ini.

Nah, pada edisi kali ini kakak akan menyampaikan beberapa adab yang berkaitan dengan shalat malam. Dengan harapan kita bisa semakin bersemangat dalam menghidupkan malam-malam kita dengan bermunajat kepada Allah ﷻ. Di antara adab-abad tersebut adalah:

  1. Mempersiapkan diri untuk bangun malam. Di antaranya istirahat siang dan tidak begadang hingga larut malam.
  2. Sebelum tidur hendaknya berniat untuk bangun di akhir malam. Dengan niat yang kuat, insya Allah kita akan ditolong oleh Allah untuk bangun malam.
  3. Apabila khawatir tidak bisa bangun malam (karena kecapekan atau selainnya) hendaknya kita shalat Witir dulu sebelum beranjak tidur.
  4. Berdzikir ketika bangun tidur dan bersegera berwudhu, jangan lupa gosok gigi, ya, adik-adik…!
  5. Boleh dengan berdiri atau duduk. Maksudnya, ketika shalat malam kita boleh mengerjakannya dengan cara berdiri atau duduk, sebagaimana yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah. Namun yang lebih utama adalah dengan berdiri.
  6. Membaca dengan bacaan tartil dan memperbagus suara ketika membaca al-Fatihah dan surat lainnya.
  7. Memperbanyak doa, karena pada saat itu merupakan waktu yang mustajab.
  8. Membangunkan anggota keluarganya. Adik-adikku yang kakak sayangi karena Allah, kalau kalian belum terbiasa bangun sebelum Shubuh, kalian bisa minta tolong abi atau umi untuk membangunkannya. Dengan latihan seperti itu, insya Allah nanti akan terbiasa bangun malam. Nah, kalau sudah terbiasa bangun malam, jika suatu saat abi dan umi belum bangun, kalian bisa membangunkan beliau berdua. Tentunya dengan cara yang sopan ketika membangunkannya.

Sobat TARJIM yang semoga dirahmati Allah, itulah beberapa adab yang berkaitan dengan shalat malam. Semoga dengan mempelajarinya kita diberi kekuatan oleh Allah untuk melaksanakannya.

Nah, untuk permulaan latihan, mungkin kalian bisa shalat malamnya hanya 1 atau 3 rakaat saja. Jika sudah terbiasa, jumlah rakaatnya bisa ditambah. Insya Allah, dengan latihan sedikit demi sedikit, kita akan terbiasa dan tidak merasa berat untuk mengerjakan shalat malam. Sekian dulu dan sampai jumpa pada edisi berikutnya….! Insya Allah.

Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Jelaskan kepada mereka keutamaan sepertiga malam terakhir dan keutamaan bangun malam.
  2. Hadiah dan pujian insya Allah bisa membantu semangat mereka untuk bangun malam.
  3. Buatlah kesepakatan dengan mereka, minta dibangunkan jam berapa, dengan cara bagaimana dan sebagainya. Ingatkan kesepakatan yang telah dibuat jika sulit dibangunkan.
  4. Semoga kita dikaruniai anak-anak yang shalih dan shalihah yang menyejukkan pandangan kedua orang tuanya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *