Atasi Sakit Gigi Saat Hamil

Soal:

Bismillah. Ummu, bagaimana cara mengatasi sakit gigi di saat hamil? Bolehkah minum obat penghilang nyeri? (Ummu Zaky)

Jawab:

Barakallahu fik. Selama kehamilan, seorang wanita banyak mengalami perubahan hormonal, gizi dan nutrisi lain yang erat kaitannya dengan tubuh ibu dan bayi. Salah satu kondisi yang sering terjadi selain gangguan lambung adalah sakit gigi atau gigi keropos dan gigi sensitif.

Dalam kehamilan, seorang ibu harus lebih hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi obat obatan. Tidak semua obat bisa diminum oleh ibu hamil, karena efek dari penggunaan obat tersebut jika salah akan mempengaruhi perkembangan janin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi saat hamil dibanding harus minum obat, di antaranya:

  • Berkumur dengan garam dan air hangat. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan aman untuk ibu hamil.
  • Kompres dengan air es. Dengan cara meletakkan air es pada bagian pipi atau bagian rahang yang giginya mengalami sakit. Air es dapat membantu mematikan rasa di daerah gigi yang sakit. Lakukan cara ini sampai rasa nyeri hilang.
  • Menggunakan garam dan lemon. Dengan membuat pasta dari bahan campuran garam dan perasan air lemon. Garam bersifat antibakteri yang akan membunuh kuman pada gigi. Sedangkan vitamin C pada lemon berfungsi sebagai anti-inflamasi yang membantu menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Setelah itu biarkan beberapa menit, lalu berkumurlah menggunakan air hangat.

Demikian cara yang aman untuk mengurangi sakit gigi secara alami pada ibu hamil. Adapun jika ingin menggunakan obat, silakan langsung menghubungi tenaga kesehatan terdekat atau ke dokter gigi. (Ummu Wildan A.Md. Keb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *