Menamai Anak dengan Nama Surat al-Qur’an

Menamai Anak dengan Nama Surat al-Qur’an
Oleh: Ust. Aunur Rofiq bin Ghufron. Lc

Soal:

Assalamu’alaikum.Bagaimana hukum menamai anak menggunakan nama surat dalam al-Qur’an? Ada anak laki-laki yang diberi nama‘Alaq Sami’,apakah boleh? Jazakallahukhairan.(HittahBasalamah, Lamongan, +62 858-5969-5XXX)

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullah. Bolehmemberi nama anak dengan nama surat-surat yang terdapat di dalam al-Qur’an, sebagaimana keterangan dalam kitab Mughni al-Muhtaj(18/160):

وَلَا تُكْرَهُ التَّسْمِيَةُ بِأَسْمَاءِ الْمَلَائِكَةِ وَالْأَنْبِيَاءِ وَيس وَطَه خِلَافًا لِمَالِكٍ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى

“Tidak makruh memberikan nama dengan nama Malaikat dan para Nabi atau Yasin atau Thaha (nama surat al-Qur’an), berbeda halnya dengan pandangan Imam Malik.”

Memberi nama hendakya yang baik artinya, bukan nama Allah, tidak meniru nama orang kafir dan pelaku maksiat, boleh memberi nama seperti nama para Nabi, nama para sahabat, atau Ulama Sunnah. Rasulullah n\ bersabda:

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ.

“Mereka itu memberi nama dengan nama Para Nabi mereka dan orang-orang shalih sebelum mereka.”(HR. Muslim: 5721)

Orang tua boleh memberi julukan anaknya seperti diawali dengan kata “Abu” untuk anak laki-laki, dan diawali dengan “Ummu “ untuk anak perempuan, akan tetapi bukan dengan julukan Abul Qasim, karena julukan ini khusus untuk Rasulullah n\. Beliau n\ pernah memanggil anak kecil, “Wahai Abu ‘Umair, apa yang diperbuat oleh burung kecil ini?”Beliau pernah menjumpai anak perempuan yang masih kecil, lalu memanggilnya, “Wahai Ummu Khalid, bagus sekali baju ini!” Abu Hurairah a\ berkata, bahwa Abu al-Qasim n\ bersabda;

سَمُّوا بِاسْمِي وَلَا تَكْتَنُوا بِكُنْيَتِي

“Berilah nama dengan namaku dan jangan kalian menjuluki dengan julukanku.(Abu al-Qasim).” (HR. al-Bukhari: 5720)

Memberi nama yang baik, insya Allah menjadi tanda baiknya kepribadian anak, tentu bila dididik dengan pendidikan ala sunnah Rasulullah n\.Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *