Sobat, Senyum Sedikit Dong…

Sobat, Senyum Sedikit Dong…

Oleh: Tim TARJIM

          Sobat TARJIM, alhamdulillah Allah masih memberikan kita kesempatan untuk bertemu lagi kali ini. Bagaimanapun juga kita sangat beruntung karena masih dibiarkan menambah amalan shalih sebelum Malaikat Maut datang menjemput.

            Eh, Sobat! Sepertinya pada hari ini banyak yang seneng, deh. Kalau lagi seneng, biasanya bawaan kita akan senyam-senyum dan berwajah cerah. Jadinya, orang yang melihat kita ikut seneng juga. Hihihihi….

Eits, tapi ingat ya. Jangan sampai kita berlebihan kalau senyum, apalagi kalau saat sendiri. Bisa disangka orang yang kurang beres. Yang jarang senyum juga harus tahu, bahwa ternyata senyum kita buat orang lain itu adalah sedekah juga lho… Kalian nggak percaya? Nih, simak pembahasannya ya…

Jangan pelit senyum dong

            Rasulullah ﷺ dahulu pernah mengatakan kepada sahabatnya,

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu untuk saudaramu di hadapannya adalah sedekah buatmu.” (HR. at-Tirmidzi, dinilai shahih oleh al-Albani)

Kalau kita mungkin terkadang menganggap bahwa senyum itu hanya perkara yang remeh. Maka anggapan kita ternyata salah! Tahukah kalian, ternyata senyum ini begitu sangat berharga? Rasulullah ﷺ dahulu pernah mengingatkan sahabat Abu Dzar radhiallahu dalam sebuah hadits,

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Jangan pernah meremehkan perkara yang baik sama sekali, walaupun hanya dengan wajah yang berseri saat bertemu saudaramu.” (HR. Muslim)

Nah, sekarang bagaimana? Sudah percaya kan? Makanya, jangan remehkan senyuman yang sering dianggap remeh dan tidak berpahala. Tapi, sekali lagi, jangan sering-sering senyum tanpa sebab. Karena orang yang melihat bukan akan merasa bahagia, tapi takut kalau kita jadi kuran beres.

Dan mulai sekarang, bagi kalian yang agak pelit senyum, usahakan agar senyumnya sedikit diobral. Sudah paham kan? Selain mendapatkan pahala jika niat kita ikhlas, maka orang yang kita berikan senyuman juga akan merasa bahagia. Dengan sebab itu kita pun akan mendapatkan teman yang banyak. Nah, siapa yang nggak mau mendapatkan teman yang banyak? Hmmmm…

Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Ajarilah anak kita agar murah senyum terhadap siapa saja, karena manfaatnya sangat besar.
  2. Berilah contoh yang nyata saat mengajarkan perilaku terpuji ini, karena itu akan lebih membekas.
  3. Beritahukan kepada anak juga tentang manfaat senyum, semisal dapat membuat wajah lebih cerah dan terlihat muda, penghilang stres dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *