Beberapa Keutamaan Shalat Tarawih

Sobat TARJIm di manapun kalian berada, shalat Tarawih mempunyai keutamaan yang tidak dimiliki oleh shalat sunnah lainnya. Rasulullah telah menjelaskan kepada kita tentang keutamaannya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim. Barangsiapa yang mengerjakan shalat tarawih dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosa-doasanya yang telah lalu akan diampuni. Wah, hebat kan, Sobat..? Oleh karena itu, yang semangat ketika mengerjakan shalat Tarawih!

Jumlah rakaat shalat Tarawih

Sobat TARJIM yang semoga dirahmati Allah, mengenai jumlah shalat Tarawih, para ulama telah berbeda pendapat. Oleh karena itu, di masyarakat sekitar kita juga dikerjakan dalam jumlah rakaat yang berbeda. Di negeri kita ada 2 macam yang dikerjakan kaum muslimin ketika bulan Ramadhan.  Pertama, Tarawih berjumlah 11 rakaat. Dikerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam. Ada juga yang mengerjakan 4 rakaat salam, 4 rakaat salam kemudian ditutup dengan 3 rakaat salam. Kedua, Tarawih dengan jumlah 23 rakaat. Ini dikerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.

Witir sebagai penutup shalat Tarawih

Shalat Witir adalah sebagai penutup shalat malam. Demikian juga shalat Tarawih ditutup dengan shalat Witir. Itulah yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita. Eh, kalian masih ingat tentang pelajaran kita yang lalu tentang shalat Witir? Ya, shalat Witir adalah shalat yang jumlah rakaatnya ganjil. Jadi, ketika shalat Tarawih kita akhiri dengan jumlah yang ganjil. Bisa 1 rakaat, bisa 3 rakaat, dan seterusnya.

Siapa yang kuat shalat selama semalam suntuk?

Adik-adikku yang kakak sayangi karena Allah, coba siapa di antara kita yang sanggup shalat semalam suntuk, dari selesai shalat Isya’ hingga menjelang Shubuh…? Waah…., kayaknya gak ada yang sanggup, Kak..! Nah, dengan berjamaah shalat Tarawih (mengikuti imam dari awal hingga selesai salam) maka kita ditulis seakan-akan shalat semalam suntuk. Walaupun shalat Tarawih tersebut tidak semalam suntuk.

Itulah pemurahnya Allah kepada hamba-Nya. Oleh karena itu, jangan sampai kita bosan dan malas ketika mengerjakan shalat Tarawih, karena pahala besar akan diberikan oleh Allah q\ kepada kita.

Nah, sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, Sobat. Insya Allah, materi berikutnya akan kita lanjutkan pada edisi mendatang. Semoga Allah memberkahi perjumpaan kita pada edisi kali ini dan edisi-edisi mendatang. Amin.

Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Jelaskan kepada anak-anak akan keutamaan shalat TTarawih agar mereka senantiasa bersemangat untuk mengerjakannya.

Berilah pemahaman kepada mereka tentang perselisihan ulama seputar jumlah rakaat shalat Tarawih serta bagaimana sikap kita yang benar dalam menghadapi perbedaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *