PHP ‘hamil palsu’ tiap bulan

Soal:

Assalamu’alaikum. Teman saya seorang ibu rumah tangga umur 35 tahun, sudah 10 tahunan menikah akan tetapi belum punya keturunan. Sudah banyak usaha yang ditempuh, baik pengobatan dokter, herbal, bayi tabung. Tetapi qaddarullah belum berhasil. Beliau pernah curhat ke saya, bahwa tiap bulan ia dapat ‘PHP’ sambil tertawa, yaitu hampir tiap bulan mengalami kencing, pembesaran payudara dan sebagainya dari tanda-tanda kehamilan. Mungkin dari kisah ini bapak Ustadz bisa memberi masukan kepada saya untuk menghibur teman saya tersebut. Atas jawaban dan perhatiannya, kami ucapkan jazakallahu khairan. (Ummu)

 Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Wallahu a’lam, saudari Anda sedang mengalami hamil palsu, merasa hamil dan merasakan adanya tanda-tanda kehamilan seperti mual-mual, payudara membesar, sering kencing atau keterlambatan haid disertai pembesaran dan pergerakan dalam perut. Namun tidak hamil.

Perasaan hamil ini bisa disebabkan faktor psikologis, efek dari banyak membaca seputar masalah kehamilan, sehingga perasaannya lebih peka terhadap perubahan pada masa sebelum haid yang alami, semisal mengalami perubahan seperti pembesaran payudara, penambahan durasi jam waktu kencing, atau perubahan fisik nyata yang dihubung-hubungkan dengan masalah kehamilan.

Untuk kasus seperti ini, yakini bahwa semua adalah takdir yang terbaik bagi diri kita. Anak adalah ujian dan Allah yang telah menjadikan orang mempunyai keturunan maupun tidak. Kalaulah Allah tidak memberi keturunan, semoga Dia memberi pahala seperti mereka yang memiliki keturunan, melalui niat-niat yang baik. Kita pun harus ingat, bahwa hal demikian untuk mendekatkan diri, bukan malah terlalu sibuk jatuh dan merenung untuk memikirkan tanda-tanda palsu. Jika berlebihan, tak jarang yang frustrasi dan putus asa. Sebab, setiap manusia mempunyai ujian sendiri-sendiri. Mungkin hal ini adalah sebagian dari ujian saudari Anda. Yakinilah, jika saudari Anda ditakdirkan tidak mempunyai anak, inilah takdir yang terbaik dan belum tentu seandainya jika punya anak bisa lebih baik. Semoga ujian ini bisa membawa lebih mendekatkan diri kepada Allah lewat doa-doa ataupun amalan yang lain.

Dari obat sampai bayi tabung

Demikianlah sebagian usaha dalam hal ini. Kita hanya berusaha tanpa bisa memastikan hasil. Di sisi lain, manusia akan dimudahkan pada jalan takdirnya. Obat-obatan, herbal, terapi, dokter atau penterapi semua hanyalah wasilah, sedang Allahlah yang menentukan. Semoga semua usaha yang telah dilakukan dan ujian-ujian, celaan atau gunjingan yang ada dapat menjadi sarana untuk meningkatkan ketakwaan dan menambah pahala.

Wallahu a’lam, demikianlah yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa jadi bahan masukan yang bermanfaat. Barakallahu fikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *