Agar Anak Tidak Sering Opname

Soal:

Assalamu’alaikum. Ummu, anak saya usia 7 tahun, sering terkena tifus dan harus opname. Apakah ada tips khusus agar anak saya tidak sering sakit dan harus opname lagi? Syukran. (Ummu Abdillah, Gresik)

Jawab:

Penyakit tifus rentan pada anak-anak. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi ini kerap terjadi karena bakteri yang berkembang di usus dan mengganggu kerja lambung penderitanya.

Tifus memiliki gejala, di antaranya; demam (terlebih pada malam atau dini hari), anak susah makan, lidah terlihat kotor dan bau mulut khas. Tifus bisa dideteksi dari hasil pemeriksaan laboratorium darah, urin maupun kotoran anak.

Adapun perawatannya, dengan cukup istirahat, hindari makanan pedas, makan makanan halus, banyak minum air putih atau air mineral dan jaga daya tahan tubuh. Makan buah pisang sangat bermanfaat untuk penderita tifus, selain teksturnya lembut dan manis, pisang juga bisa untuk memulihkan tenaga dan mengurangi efek tubuh yang terlalu lemah karena demam.

Telur rebus juga bisa diberikan pada penderita tifus dan memperbaiki kerja usus. Minum jus jambu merah secara berkala dan cuka apel.

Selain cara di atas, temulawak bisa diberikan sebagai obat alami untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki kerja lambung dan mengikatkan fungsi liver, sehingga anak akan terjaga kondisi tubuhnya, biidznillah. (Ummu Wildan A.Md. Keb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *