Aku Takut Menikah

Soal:

Assalamu’alaikum. Afwan, mengapa menikah menjadi hal yang sangat menakutkan bagi saya? Sementara saya malu dan takut dengan anak laki-laki? Tolong saya diberi nasihat supaya gak malu dan takut sama laki-laki serta suatu saat menjadi berani untuk nikah. Padahal umur saya sudah 20 tahun lebih. Bagaimana caranya agar mendapatkan suami yang shalih?

(Ukhti Muji, Blitar, +6285704XXXXX)

Jawab:

Oleh: Ust. Aunur Rofiq bin Ghufron

Wa’alaikumussalam warahmatullah. Wanita memang memiliki sifat pemalu, dan itu bagus bagi dirinya. Karena dengan sifat malunya, akan terjaga kehormatan agama dan dirinya. Malu bergaul bebas dengan pria yang bukan mahram adalah nikmat yang harus disyukuri.

Tetapi bila malunya berlebihan atau bukan pada tempatnya, contoh: malu bertanya jika tidak tahu syariat, ingin segera menikah tetapi malu memberi tahu orang tua, maka malu jenis ini tidak terpuji. Karena wanita pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was salam tidak malu menanya beliau bila tidak mengetahui hukum suatu masalah.

Wanita takut menikah tentu ada sebab. Inilah yang perlu dicari, sehingga penanya mendapatkan jalan keluarnya. Misalnya, penanya punya peristiwa yang membuatnya takut apabila setelah menikah tidak bisa membahagiakan suami, atau trauma melihat teman akrab dan keluarga yang berantakan setelah menikah.

Jika penanya takut menikah karena perasaan minder atau menunggu tawaran orang tua, solusinya dengan meminta bantuan orang tua atau kerabat agar membantu mencarikan jodoh. Adapun cara untuk mendapatkan pria yang shalih, jadilah wanita shalihah. Dengan mendalami ilmu syar’i, beramal shalih, menjauhi pergaulan bebas, memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, lalu berikhtiar dengan minta bantuan orang yang berilmu untuk mencarikan jodoh. Semoga cepat mendapatkan jodoh pria yang berilmu dan ahli beramal shalih. Amin.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *