Bila Dicintai Banyak Pria

Soal:

Assalamu’alaikum. Ada tiga ikhwan yang ingin berta’aruf dengan saya, mana yang harus saya pilih? Dari segi agama, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, dari segi harta/rupa masing-masing standar. Tetapi jika saya pilih salah satu, sepertinya tidak enak dengan yang tidak saya pilih. (Annisa, 0856175XXXX)

Jawab:

Oleh: Ust. Aunur Rofiq bin Ghufron

Wa’alaikumussalam warahmatullah. Jika demikian keadaan yang saudari hadapi, maka pilihlah yang lebih baik agamanya dan dari keluarga yang baik pula agama dan akidahnya. Insya Allah akan membantu keharmonisan hidup dan beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was salam pernah bersabda:

إِذَا جَاءَكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَأَنْكِحُوهُ إِلَّا تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ

“Jika datang kepadamu orang yang kamu senangi agama dan akhlaknya maka nikahkan (putrimu) dengannya, jika tidak maka akan terjadi fitnah di permukaan bumi dan terjadi kerusakan.” (HR. at-Tirmidzi: 1005 dihasankan oleh al-Albani, lihat Mukhtashar Irwaul Ghalil 1/370)

Jika ketiganya sama, maka pilihlah yang pertama, karena dia lebih berhak daripada lainnya, dan lupakan lainnya dengan memohon kepada Allah kebaikan atas pilihan tersebut. Karena bagaimanapun juga seorang wanita tidak boleh melakukan poliandri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *