Doa Supaya Mendapat Jodoh yang Baik

Soal:

Assalamu’alaikum. Ustadz, bagaimanakah doanya agar kita mendapatkan jodoh yang baik? Terima kasih. (A, Gresik)

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullah. Doa adalah usaha pertama yang wajib diupayakan oleh setiap muslim untuk meraih apa yang dia cita-citakan, tetapi hendaknya disertai dengan usaha semaksimal mungkin. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was salam bersabda:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ

“Capailah dengan sungguh-sungguh apa yang berguna bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah.” (HR. Muslim: 1849)

Kami sarankan kepada penanya, sebelum mendapatkan jodoh hendaknya bersabar, karena Allah menguji hamba untuk kebaikan hamba sendiri, dan musibah yang menimpa orang muslim seperti belum mendapatkan jodoh, insya Allah menjadi penghapus dosa. Dengan bersabar pula akan menambah pahala. Beginilah seharusnya orang yang beriman ketika mendapat musibah.

Adapun doa meminta jodoh, ada doa yang mencakup kebaikan yang banyak, namanya jawami’ ad-du’a (doa pendek yang luas maknanya). Aisyah Radhiallahu ‘anha berkata,

كَانَ رَسُولُ اللهِ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنَ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ.

 

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was salam menyukai jawami’ ad-du’a (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya.” (HR. Abu Dawud: 1484, dishahihkan oleh al-Albani)

 

Adapun doa yang sering beliau baca dan mengandung permintaan semua kebaikan dunia dan akhirat, ialah sebagaimana jawaban sahabat Anas bin Malik Radhiallahu ‘anhu ketika ditanya oleh Qatadah, maka Anas berkata,

 كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا يَقُولُ « اللَّهُمَّ آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

“Doa yang sering beliau baca ialah, ‘ALLAHUMMA RABBANAA AATINAA FID-DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WA QINAA ADZAABAN NAAR’ (Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksaan api neraka).” (HR. Muslim: 7016)

Penanya bisa berdoa dengan doa di atas, karena doa ini menunjukkan kita pasrah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, agar memberikan hal terbaik untuk kehidupan kita di dunia dan akhirat secara umum, termasuk minta jodoh dan yang lainnya.

Jangan lupa agar penanya berusaha untuk mencari jodoh dengan meminta bantuan orang tua atau orang yang berilmu, atau kawan akrab yang bisa dipercaya keimanannya, semoga Allah memilihkan jodoh yang baik di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *