Sihir, Dosa Besar yang Membinasakan

Sihir, Dosa Besar yang Membinasakan

Adik-adik, ketahuilah, bahwa sihir termasuk dalam deretan dosa besar yang membinasakan. Suatu ketika Rasulullah pernah menjelaskan kepada para sahabatnya, sebagaimana dikisahkan oleh Abu Hurairah sebagai berikut:

اِجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ قَالُوْا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِيْ حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوَلِّيْ يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ

“Jauhilah oleh kalian tujuh perkara yang membinasakan.” Para sahabat bertanya: “Apa saja tujuh perkara tersebut, wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda: “Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali diizinkan oleh syariat, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh wanita shalihah berbuat zina.” (HR.al-Bukhari: 2615 Muslim: 89)

            Sihir bisa membinasakan pelakunya baik di dunia maupun di akhirat jika hingga akhir hayatnya ia tidak bertaubat. Seorang pelaku sihir tidak akan bisa menggunakan sihirnya tanpa melakukan perbuatan syirik yang merupakan syarat pemberian setan. Oleh karena itu, sihir itu bagian dari syirik yang bisa menghilangkan tauhid seseorang, karena pelakunya meminta bantuan kepada setan dan ia juga sangat tergantung kepada setan tersebut. Inilah penyebab utama pelaku sihir tersebut dihukumi kafir, keluar dari Islam.

Adakah sihir yang tidak melibatkan setan dalam sihirnya?

            Sobat TARJIM yang semoga Allah menambahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita, para ulama menjelaskan bahwa sihir itu ada yang tidak menggunakan bantuan setan. Sihir tersebut menggunakan ramuan-ramuan untuk menjalankan sihirnya. Oleh karena itu, pelaku sihir semisal ini tidak sampai dihukumi kafir dan keluar dari Islam. Namun perbuatannya tetap menjadi dosa besar.

Apakah sihir bisa membahayakan orang lain?

            Semua kejadian yang ada di alam semesta telah ditakdirkan oleh Allah. Tidak ada satu kejadianpun yang terjadi di luar kehendak Allah. Demikian juga sihir. Sihirtidak bisa membahayakan orang lain tanpa izin dari Allah. Sihir tidak bisa berpengaruh baik atau jelek terhadap seseorang tanpa izin dari Allah.  Allah berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 102 (artinya):

Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah.

Kesimpulannya, Pertama; sihir termasuk salah satu dosa besar yang membinasakan pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat. Kedua;sihir bisa menyebabkan pelakunya kafir, keluar dari Islam jika sihirnya menggunakan bantuan setan. Ketiga; jika tidak menggunakan bantuan setan maka pelakunya tidak sampai kafir,tetapi tetap masuk dalam dosa besar yang membinasakan. Keempat; sihir tidak bisa membahayakan orang lain tanpa izin dari Allah.

Untuk orang tua dan pendidik:

  1. Tanamkan kepada anak-anak agar membenci sihir dan pelakunya.
  2. Jelaskan kepada mereka bahayanya mempelajari sihir, menggunakannya atau meminta orang lain untuk menyihir orang yang ia inginkan.
  3. Berilah pengertian pada mereka, bahwa semua kejadian yang ada (baik maupun buruk) tidak keluar dari takdir Allah.

One Reply to “Sihir, Dosa Besar yang Membinasakan”

  1. Assalamualaikum ustd…
    Ini sdg sy alami saat ini ustd…. ada org yg mengrimkan sihirnya kpd suami kami shg dia bgt tergila- gila dgn org tsb… sampe berzina dan moroti harta suami…. dan aneh yg diporoti hartanya ga sadar klo sdh mengeluarkan uang smpe puluhan jt…. anehnya suami tetep ibdh dan terlht khusuk sekali se olah2 tdk terjd apa2. Dan akibat dr shir ini pula rmh tgga sy dikondisikan spy sll ribut tdk tentram dan mgkn akhirnya dibuat cerai spy mereka bs nikah .
    Gmn cr nya ustd…. utk mengahiri sihir ini spy klga kmi bs kmbli normal…. mksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *